Review Software Editing

Canopus EDIUS : Menurutku ini software editing profesional terbaik yang pernah dibuat "User Friendly" mungkin karena Grass Valley sang pencipta mengkhususkan diri / fokus dalam software video editing. Tampilannya yang sederhana but modern dengan warna layout yang soft membuat kita betah berlama2 di depan komputer, apalagi warna layout bisa dirubah sesuai keinginan kita. Ditambah layout monitor, timelime, effect dibuat terpisah ( seperti Macintosh ) so kita bisa mengatur komposisi layout seenaknya apalagi saat menggunakan dual monitor. Pengaturan warna, croping, audio bisa dengan sangat mudah dilakukan dengan effect2 yang lumayan banyak, bahkan effect yang telah kita modifikasi bisa kita save as preset ( jadi ga perlu buat lagi, tinggal drag ) . Untuk memudahkan editing kita bisa seenaknya mengganti shortcut standar sesuai keinginan kita. Edius salah satu software editing yang realtime tanpa ada loading conforming seperti Premiere dan export render yang super cepat. Kemampuan titling dan penambahan efffect sangat luar biasa ditambah efek transisinya yang sangat variatif. Pilihan export avi dengan banyak pilihan format ( terlengkap ) mulai mpeg, tga, hingga quicktime tanpa converter. Aplikasi multicam hingga 8 source video benar2 patut diacungi jempol, tanpa ada hang ato tersendat kita bisa menjadi Program Director memilih dan menata gambar hanya dengan "klik" dan semua itu otomatis. Banyak lagi kelebihan lain yang ngga sempat saya tuliskan. Agaknya software ini tidak terlalu populer, tapi saya yakin setelah mencobanya anda pasti jatuh hati....
Kelemahan : Untuk pemula mungkin terasa sulit karena tidak tersedia Tools Layout seperti software lain, cutting, triming semua basic shortcut
Saran : paling cocok untuk spot editing, wedding ato company profile
Berikut Tips & Trik bagi yang berminat mempelajari EDIUS lebih dalam.....

Final Cut Pro :Software besutan Mac OS ini benar2 memanjakan penggunanya yang ingin membuat karya menarik tanpa harus memutar otak dan memeras keringat. Bayangkan Mac OS mengobral efek ato template gratis plug and play. Begitu banyaknya pilihan efek ataupun transisi yang ngga ndeso, sehingga pemula pun sekejap menjadi profesional editor. Bagi yang terbiasa menggunakan Adobe Premiere pasti tidak sulit beradaptasi dengan software ini, karena cara kerja dan layout yang hampir sama. Ketika import file tidak ada sama sekali loading conform. Dengan spek standar Mac, software ini terbilang cukup bandel dengan akses export movie yang sangat cepat.
Kelemahan : Preview tidak realtime, kita harus selalu melakukan pre-render setelah melakukan perubahan atau penambahan efek.

Avid Expres Pro
: Software ini sangat mengutamakan ketepatan dan kecepatan, so untuk pengeditan sebuah berita, penggunaan software ini sangatlah cocok ( lebih mirip editing linier ). Effect video maupun transisi tidak tersedia banyak alias standar banget, konon software ini banyak digunakan dalam dunia perfilman kecuali holywood yang high budget. Kelemahan yang menonjol ialah ketika import materi, diperlukan waktu yang cukup lama untuk sekedar conform ditambah tools editing yang rumit. Cukup merepotkan jika kita tidak hapal dengan shortcut yang tersedia, namun jika shortcut udah diluar kepala dijamin kecepatan dan ketepatan tiada banding.

Adobe Premiere : Software pertama kali yang saya kenal dan menurut saya terbaik ( waktu itu ) mungkin bagi teman2 lain juga. Untuk pemula software ini cukup mudah karena terdapat tampilan Tools Editing jadi dengan mudah kita ingin memotong, menggabung, menambah dll. Namun hingga produk terbaru ( Adobe Premiere Pro CS 3 ) tampilannya hampir tidak ada yang berubah ( kuno, sorry :). Pemanfaatan multicam yang ribet dan memerlukan spek komputer yang tinggi untuk menjalankan aplikasinya.

Ulead : Untuk pemula

Sony Vegas : Unggul dalam touch up warna
Posted on 23.13 by OMeN and filed under | 1 Comments »

1 komentar:

Retrovit ID mengatakan... @ 7 Mei 2014 23.56

Thanks for review, it was excellent and very informative.
thank you :)